Jumat, 08 Juni 2012

Mengatasi Masalah dan Hutang

lunas hutang
Siapa diantara anda yang punya hutang? ada yang senyum-senyum, ada yang diam saja dan ada yang tunjuk jari. Hehe. Sama, apalagi bagi kebanyakan kita hutang sudah menjadi bumbu kehidupan. Namun siapa sih yang ga mau lunas hutangnya? Semua pasti setuju, kalo perlu angkat tangan, pasti setuju.
Nah banyak masalah-masalah hidup kita yang ikut melengkapi perjalanan hidup kita, salah satunya memang masalah dan hutang, tapi yakinlah bahwa setiap kesulitan pasti ada kemudahan, begitu kata sunnah, pepatah juga.
Masalahnya kebanyakn kita tidak tahu harus bagaimana menyikapinya, bahkan memperlakukan hutang dengan benar. Banyak saudara kita yang mengatasi  masalah dengan masalah. Harusnya kita ikuti slogan pegadaian, mengatasi masalah tanpa masalah.
Nah beberapa waktu yang lalu saya ngobrol, dan berdiskusi dengan seorang teman yang ternyata dulunya juga punya masalah hutang yang begitu banyak, namun mengapa semua bisa selesai hanya dengan waktu yang relatif singkat?

Kita mulai langkah pertama yakni CLEANSING, apa itu Cleansing? Cleansing adalah pembersihan mulai dari diri kita sendiri, yaitu apa yang menyebabkan kita punya hutang? Mengapa kita berhutang? Dan instrospeksi diri kita dulu. Ternyata segala masalah kita adalah akibat dari perbuatan-perbuatan kita sendiri, yaitu dosa. Seberapa jauh kita melibatkan Allah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan kita. Apakah selama ini kita mengabaikanNya? Muali dari diri kita dulu, langkah awal kita lakukan tobat dengan sholat tobat bagi yang muslim, karena dengan sholat tobat, maka dosa kita di masa lalu akan dihapuskan dan kondisi kita jadi nol lagi. Hapus barang-barang yang tidak ada manfaatnya, hapus juga gambar-gambar porno di dalam komputer, hp, atau laptop kita ganti dengan file file yang bermanfat. Yakin, Allah Maha pemaaf, Maha pemurah dan Maha penyayang. Setelah itu yang kita lakukan adalah tidak berbuat dosa sekecil apapun itu, dan mulai mengisi hari hari kita dengan berbagai kebaikan. Yang dulu ga sholat, mari belajar sholat, yang dulu sudah sholat, kita benerin sholat kita dan usahakan tertib sholatnya jangan sampai bolong, bagi yang sudah sholat tertib meningkat lagi untuk sholat berjamaan di Masjid atau Musholla. Nah itu dulu aja. Satu lagi saya disuruh riyadhoh atau latihan memperbaiki diri dan berbuat baik. Usahakan sholat isya dan subuh di masjid, meski saya sendiri baru mulai mengamalkan namun itu juga sebagai latihan bagi saya untuk mendekatkan diri padaNya. Saat sholat subuh di masjid kalo bisa kita sedekah/infaq, mengapa? Sebab saat subuh dan kita sedekah, maka malaikat akan mendoakan kita, tau sendiri kan doanya malaikat? InsyaAllah di kabulkan.

Intinya kita pindah kuadran berbuat baik sebanyak-banyaknya dengan memenuhi kewajiban kita sebagai makhlukNya. Yakin aja setiap kewajiban pasti ada hak, hak kita untuk sukses, hak kita untuk hidup kaya, dan hak kita untuk berbagi dengan yang lain, dan hak kita untuk hidup damai. Jadi tunaikan kewajiban kita, pasti Allah kasih hak-hak kita. Yakin bro. 

Langkah kedua yakni BALANCING, artinya kita meningkatkan hidup kita untuk selalu berbuat baik, banyak istighfar, Sedekah, dan riyadhoh. Kita lakukan dulu selama 7 hari, 14 hari, 21 hari dan insyaAllah jika sudah 3 bulan istiqomah akan keliatan hasilnya yang luar biasa. Kita minta apa aja insyaAllah Allah kasih kok, Allah itu sesuai prasangka hambaNya. Allah maha Kaya teman. Jangan lupa Dhuha dan Tahajud selalu dijalankan.

Ingat tausiyahnya Ustad Yusuf Mansyur, rahasia kaya dan tidak pernah susah adalah selalu mengamalkan surah Al Waqi'ah pagi dan sore. Karena kata beliau ini adalah salah satu surat yang apabila dibaca maka kita tidak akan miskin. Cari referensinya "Fadhilah surat Al Waqi'ah" di mbah Google.

Setelah dua langkah tersebut, maka yang terakhir adlah INCREASING. Saatnya anda memetik hasilnya dengan tetap selalu menambah kebaikan-kebaikan dan ingin cepat lagi pertumbuhan kesuksessan anda? Dongkrak dengan sedekah dan zakat. Ada seorang teman yang diceritakan beliau ini, setiap awal bulan dia sedekah 10 % dari omset yang ingin dicapai dalam bisnisnya. Ya, sedekah tidak harus 2,5 %, lebih pasti lebih baik, karena uang yang disedekahkan di jalan Allah itu tidak kemana-mana, ia akan balik ke kita lebih besar lagi dan besar lagi.

Yakin dan percaya bahwa ini adalah solusi yang sudah ada dalam Qur'an, mari kita belajar mulai dari diri kita sendiri, dari hal yang kecil dan mulai dari sekarang. Itulah rahasia para pengusaha sukses yang wajib kita bagikan kepada saudara kita yang lain. InsyaAllah berkah, manfaat, dan menjadi pencerahan bagi kita yang punya masalah. Yakin bro dalam waktu singkat kebesaran Allah akan membuktikannya. 
bagi yang ingin belajar tentang bagaimana mengatur aset dan lunas hutang bisa berkunung ke BEBAS HUTANG.

Tidak ada komentar:

Daftar Blog Saya

compartidísimos

Pencarian

Entradas populares