Kamis, 24 Juli 2014

Ngumpul Inspirasi "Rock Up Your Life"


Rabu 23 Juli 2014 bertempat di Panti Asuhan Putri Muslim jalan Pramuka hadir 3 orang sahabt muda yang berasal dari bidang masing masing, yakni eko Yulianto ( Owner Tela Tela Indonesia ) tentang berwirausaha dan bagaimana menjadi pengusaha sukses melalui hobi, niat, dan action yang harus dimiliki oleh setiap pengusaha dan calon pengusaha.

Hadir pemateri kedua seorang pemuda Raden eko Jati seorang yang luar biasa di bidang pertambangan batubaru yang sudah 8 tahun digeluti bahwa hidup harus sesuai jalan masing masing dan bagaimana mendesign arah kehidupan dengan teori ROck Up your life nya. Super dan mantap bro.

Nah yang ketiga ini hadir seorang motivator dengan brand yang dimilikinya yakni Guyu Master. Penasaran kan apa itu guyu master?


Cak Aep yang bernama lengkap Arief Eko Prasetyo merupakan laki – laki yang dilahirkan secara prematur dan dengan pertolongan tenaga dukun beranak pada 25 Juni 1984 silam.
Pria berdarah Jawa Ngambang (Nganjuk & Jombang) ini sempat mengeyam pendidikan di SDN Badas, Jombang, SDN Kramat 08 Pagi Jakarta, SMPN 216 Jakarta, SMUN 77 Jakarta, dan beruntung bisa diterima dan lulus dengan cepat di Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP UNDIP Semarang.
Tahun 2007 ia mendapatkan hadiah dari Allah melalui perantara dokter cantik nan manis berupa vonis penyakit mematikan yang bisa merenggut nyawanya dalam 5 tahun ke depan. Pria yang menjadi korban mal praktek dan berubah wujud jadi manusia ubi ungu legam, mengalami mati suri, disarankan agar tidak menikah, serta mendapat vonis sulit mendapatkan keturunan ini kini berprofesi sebagai seorang inspirator dengan titel GuyuMaster yang memiliki keunikan teknik inspirasi SKJ alias Senandung, Kidung, dan Jenaka.
Saat ini ketidaksibukannya adalah mengelola Kelas Inspirasi bagi Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Cipinang Jakarta Timur, Talent Consultant di Mata Air Consultancy, Bakul ide #KaosGuyu, Kepala Pelayan di Omah Guyu, Memasak Manusia di Boga Apik Jaya Abadi, inisiator gerakan #1Napi1Buku, serta menjadi Associate Trainer bagi beberapa lembaga pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia.


Semoga acara yang diprakarsai oleh @radenekojati dan @guyuid ini selalu dapat memberikan yang terbaik untuk semua barakallah.

Satu lagi sahabat inspirasi, cak AEP ini baru saja launching buku yang luar biasa yang berjudul
GUYU: Hidup Tenang, Mati Senang
Cak Aep | GuyuMaster
 


Ga nyesel deh baca bukunya beliau


Jumat, 08 Juni 2012

Mengatasi Masalah dan Hutang

sumber gambar: umustlucky.blogspot.com
Siapa diantara anda yang punya hutang? ada yang senyum-senyum, ada yang diam saja dan ada yang tunjuk jari. Hehe. Sama, apalagi bagi kebanyakan kita hutang sudah menjadi bumbu kehidupan. Namun siapa sih yang ga mau lunas hutangnya? Semua pasti setuju, kalo perlu angkat tangan, pasti setuju.
Nah banyak masalah-masalah hidup kita yang ikut melengkapi perjalanan hidup kita, salah satunya memang masalah dan hutang, tapi yakinlah bahwa setiap kesulitan pasti ada kemudahan, begitu kata sunnah, pepatah juga.
Masalahnya kebanyakn kita tidak tahu harus bagaimana menyikapinya, bahkan memperlakukan hutang dengan benar. Banyak saudara kita yang mengatasi  masalah dengan masalah. Harusnya kita ikuti slogan pegadaian, mengatasi masalah tanpa masalah.
Nah beberapa waktu yang lalu saya ngobrol, dan berdiskusi dengan seorang teman yang ternyata dulunya juga punya masalah hutang yang begitu banyak, namun mengapa semua bisa selesai hanya dengan waktu yang relatif singkat?

Kita mulai langkah pertama yakni CLEANSING, apa itu Cleansing? Cleansing adalah pembersihan mulai dari diri kita sendiri, yaitu apa yang menyebabkan kita punya hutang? Mengapa kita berhutang? Dan instrospeksi diri kita dulu. Ternyata segala masalah kita adalah akibat dari perbuatan-perbuatan kita sendiri, yaitu dosa. Seberapa jauh kita melibatkan Allah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan kita. Apakah selama ini kita mengabaikanNya? Muali dari diri kita dulu, langkah awal kita lakukan tobat dengan sholat tobat bagi yang muslim, karena dengan sholat tobat, maka dosa kita di masa lalu akan dihapuskan dan kondisi kita jadi nol lagi. Hapus barang-barang yang tidak ada manfaatnya, hapus juga gambar-gambar porno di dalam komputer, hp, atau laptop kita ganti dengan file file yang bermanfat. Yakin, Allah Maha pemaaf, Maha pemurah dan Maha penyayang. Setelah itu yang kita lakukan adalah tidak berbuat dosa sekecil apapun itu, dan mulai mengisi hari hari kita dengan berbagai kebaikan. Yang dulu ga sholat, mari belajar sholat, yang dulu sudah sholat, kita benerin sholat kita dan usahakan tertib sholatnya jangan sampai bolong, bagi yang sudah sholat tertib meningkat lagi untuk sholat berjamaan di Masjid atau Musholla. Nah itu dulu aja. Satu lagi saya disuruh riyadhoh atau latihan memperbaiki diri dan berbuat baik. Usahakan sholat isya dan subuh di masjid, meski saya sendiri baru mulai mengamalkan namun itu juga sebagai latihan bagi saya untuk mendekatkan diri padaNya. Saat sholat subuh di masjid kalo bisa kita sedekah/infaq, mengapa? Sebab saat subuh dan kita sedekah, maka malaikat akan mendoakan kita, tau sendiri kan doanya malaikat? InsyaAllah di kabulkan.

Intinya kita pindah kuadran berbuat baik sebanyak-banyaknya dengan memenuhi kewajiban kita sebagai makhlukNya. Yakin aja setiap kewajiban pasti ada hak, hak kita untuk sukses, hak kita untuk hidup kaya, dan hak kita untuk berbagi dengan yang lain, dan hak kita untuk hidup damai. Jadi tunaikan kewajiban kita, pasti Allah kasih hak-hak kita. Yakin bro. 

Langkah kedua yakni BALANCING, artinya kita meningkatkan hidup kita untuk selalu berbuat baik, banyak istighfar, Sedekah, dan riyadhoh. Kita lakukan dulu selama 7 hari, 14 hari, 21 hari dan insyaAllah jika sudah 3 bulan istiqomah akan keliatan hasilnya yang luar biasa. Kita minta apa aja insyaAllah Allah kasih kok, Allah itu sesuai prasangka hambaNya. Allah maha Kaya teman. Jangan lupa Dhuha dan Tahajud selalu dijalankan.

Ingat tausiyahnya Ustad Yusuf Mansyur, rahasia kaya dan tidak pernah susah adalah selalu mengamalkan surah Al Waqi'ah pagi dan sore. Karena kata beliau ini adalah salah satu surat yang apabila dibaca maka kita tidak akan miskin. Cari referensinya "Fadhilah surat Al Waqi'ah" di mbah Google.

Setelah dua langkah tersebut, maka yang terakhir adlah INCREASING. Saatnya anda memetik hasilnya dengan tetap selalu menambah kebaikan-kebaikan dan ingin cepat lagi pertumbuhan kesuksessan anda? Dongkrak dengan sedekah dan zakat. Ada seorang teman yang diceritakan beliau ini, setiap awal bulan dia sedekah 10 % dari omset yang ingin dicapai dalam bisnisnya. Ya, sedekah tidak harus 2,5 %, lebih pasti lebih baik, karena uang yang disedekahkan di jalan Allah itu tidak kemana-mana, ia akan balik ke kita lebih besar lagi dan besar lagi.

Yakin dan percaya bahwa ini adalah solusi yang sudah ada dalam Qur'an, mari kita belajar mulai dari diri kita sendiri, dari hal yang kecil dan mulai dari sekarang. Itulah rahasia para pengusaha sukses yang wajib kita bagikan kepada saudara kita yang lain. InsyaAllah berkah, manfaat, dan menjadi pencerahan bagi kita yang punya masalah. Yakin bro dalam waktu singkat kebesaran Allah akan membuktikannya. 
bagi yang ingin belajar tentang bagaimana mengatur aset dan lunas hutang bisa berkunung ke BEBAS HUTANG.

Kamis, 07 Juni 2012

Tela Tela Bandung Hadir di depan UnPad

Setelah 2 bulan yang lalu tela tela hadir di Bandung di daerah PolBan Ciwaruga, 6 Juni kemaren bisnis gerobakan yang telah ada sejak 24 September 2005 ini kembali hadir di Bandung tepatnya di Jl Dipatiukur UNPAD. Bisnis yang sudah terbukti berjalan hampir tujuh tahun ini bulan ini juga hampir berbarengan membuka gerainya di daerah Ngawi Kedunggalar, Magetan Jawa Timur, Jakarta Selatan, Samarinda, Tenggarong, Jayapura, dan Jogja. Tengok cerita dan kisah mitra mitra tela tela di www.telatela.net

Anak-anak muda yang menjalankannyapun tampak semangat dan tidak malu-malu menjalankan bisnis ini, memang seharusnya mahasiswa dan pemuda kita harusnya seperti mereka. Masih ingat cerita sukses Saptuari Sugiharto? Beliau adalah pemilik usaha "Kedai Digital" yang cabangnya sekarang sudah merambah hampir seluruh pelosok Nusantara, bermula dari jaman kuliah Mas Saptu begitu akrab dipanggil ini, tidak malu-malu berjualan apa saja di kampusnya.


Dan sudah 7 tahun berjalan, akhirnya sekarang beliau menikmati hasil jerih payahnya dan dinobatkan menjadi "Provokator Entrepeneur" dan sering muncul di berbagai media baik cetak maupun digital.


Ingat pesan beberapa pengusaha sukses, bahwa untuk sukses harus punya 3 M, Mulai dari diri sendiri, Mulai dari hal yang kecil, dan Mulai sekarang juga, apa intinya? Sukses harus dimulai dari impian besar dan tekad yang kuat, dan jangan pernah malu untuk berbisnis asal halal dan membawa manfaat bagi orang lain.


Semoga berkah, tetap semangat dan Alhamdulillah.

Rabu, 30 Mei 2012

Tips Mencari Ide Kreatif Bisnis Anda



Saya yakin saya dan anda semua pasti punya sebuah impian besar dalam hidup ini, untuk itu banyak jalan untuk mewujudkannya, salah satunya mengembangkan bisnis dari ide kita sendiri. Jadi jika anda punya sebuah ide bisnis, sebaiknya anda tidak hanya punya obsesi untuk sekedar mengembangkan ide bisnis kreatif tersebut.
Lalu apa yang harus anda ketahui? Pertama, anda harus tau dan paham benar apakah usaha atau ide anda ini bisa jalan atau tidak.
Banyak slogan slogan yang bilang bahwa  “gampang bikin usaha” tapi yang perlu diingat adalah ide dan jenis usaha yang cocok yang bisa anda jalankan tidaklah mudah.
Saya sadur dari website seorang teman yang sudah ahli di bidangnya, ada beberapa hal yang harus dinilai apakah usaha anda layak untuk dijalankan.

1. Cukupkah dengan sebuah ide?

Dari sekian banyak para calon pengusaha, ada yang berpikir dan takut untuk mengungkapkan ide bisnisnya dengan pemikiran bahwa nanti takut idenya diambil orang. Lalu ada yang bilang ide kreatif mereka dirampas orang. Dan saya bilang sebenernya sah sah saja kita tidak bercerita tentang ide bisnis kita kepada orang lain. Namun, sekali lagi ide tetaplah ide, tidak lebih. Jadi bisa dibilang ini belom bisa disebut bisnis.
Seringkali saya ngobrol dengan teman-teman saat kumpul-kumpul dan banyak dari mereka mempunyai ide kreatif yang banyak. Dan itu belom bisa disebut bisnis tanpa pelaksanaan,inilah kuncinya. Orang bilang Action, tentu saja dengan kerja keras, kesabaran, keuletan dan manajemen yang baik.
2. Jangan terlalu terburu-buru untuk sukses dengan ide baru anda
Pada tahun 2007 banyak sekali bermunculan bisnis gerobak dengan mengaku ini adalah franchise. Dan banyak juga para pelaku usaha yang dengan cepatnya membuka gerobak disana sini, tanpa melihat minat konsumen, perilaku konsumen dan daya beli konsumen. Dan akhirnya apa? Banyak bisnis gerobak yang tutup karena si empunya pengennya instan dan cepet sukses. Pelan tapi pasti begitu seharusnya, dengan branding yang baru, kita pelan dulu mengenalkan ke konsumen dan melihat omsetnya untuk membuat prospektus bisnisnya baru di iklankan. Kadang-kadang bisnis yang baik dan menguntungkan berasal dari ide bisnis kecil yang sederhana.
Intinya sabar dan tetap mengembangkan ide kreatif anda.
3. Ide unik, terjangkau dan sepanjang masa
Dalam bisnis hal yang utama adalah point of unique, artinya kita punya pembeda dengan bisnis yang sudah ada, ini akan lebih mengena ke konsumen karena pasti kitalah yang akan mereka cari. Meski hanya sebagai follower misalnya  permasalan produksi, mencari pemasok dan menciptakan pasar. Sangat susah untuk mengedukasi pasar.tapi tetap harus ada point of unique, missal saja beberapa waktu yang lalu saya pernah melihat ada sebuah Laundry yang jaga satpam, apa pendapat anda? Aneh bukan? Tapi karena buka 24 jam, makan dengan keberadaan satpam pertama sudah ada securitynya, lalu dia hanya menerima orderan saja, tapi kan sudah terkesan aneh dan akan diingat orang. Masa Laundry ada satpamnya? Salut yang punya Laundry.
Pelajari juga harganya di daerah mana bisnis kita dibuka. Enak lagi kalo daerah kampus, asal murah terjangkau, sudah pasti okelah.
4. Relasi
Gunakan relasi yang ada untuk mengembangkan bisnis anda, ada ungkapan silaturahim akan meluaskan rizki dan memperpanjang umur, ini memang benar adanya. Banyak relasi atau silaturahim tentu akan memperluas chanel kita. Dan sekarang ini banyak jejaring social yang bisa anda gunakan untuk mendongkrak bisnis anda, ada facebook, twitter, kaskus, website, blogspot, dan jejaring lainnya
Minta bantuan teman teman dekat yang punya akun  twitter yang banyak followernya juga efektif.
Selamat mencoba ide bisnis anda dan cari referensi sebanyak-banyaknya dan bahkan bisa belajar dari orang yang sudah ahlinya.

Kaskus - Cara Buka Kaskus

Sejak Sabtu (26/5/2012), Kaskus mengalami gangguan pada DNS yang bisa dilihat dalam pengumuman resmi yang dimuat di halaman utama Kaskus. Saya baru  tau waktu beberapa hari ini kok ga bisa akses kaskus.us, padahal dah nyoba buka pake mozilla, opera dan IE.


Akhirnya browsing dan baru tau kalo sejak 26 Mei 2012 yang lalu kaskus memang pindah alamat domain.
Ada beberapa teman juga yang tanya ke saya, kok kaskus.us ga bisa diakses yah?
Spontan saya bilang tanya mbah Google aja, pasti tau kok. Ternyata memang benar deh.


Dan akhirnya ketemulah bahwa kaskus.us bisa dibuka dengan alternatif  melalui alamat http://www.kaskus.com atau http://www.kaskus.co.id.


Dan saat browsing banyak sekali situs yang menulisBermasalah, Kaskus ganti alamat domain begitu kira kira.
oke sahabat bisnis yang baik hati dan tidak sombong, silahkan buka kembali situs kesayangan kita kaskus.co.id yang anggotanya kurang lebih 4 juta member.

Senin, 15 Agustus 2011

Namanya Angkringan

Mas Doel dan karyawan
Nyaman dan luas


mas doel dan mobilnya
Sudah pernah denger warung Koboi, Warung Hik, Warung Kucingan, dan  yang paling tenar adalah Angkringan. Ini adalah sebuah tempat nongkrong paling murah meriah, dengan komunitas yang bermacam-macam, dari buruh, pegawai, sales, petani, pelajar dan  mahasiswa. Semua bisa nongkrong disini. Pertama kali saya mengenal angkringan, saat kuliah dulu sekitar tahun 1996. Meski sebelumnya juga sudah pernah jajan di tempat seperti itu, namun tahun 1996 adalah pertama saya masuk kuliah, yang membuat lebih teringat akan satu tempat seperti angkringan. Ya benar, waktu itu nasi sebungkus hanya Rp.250,- lalu naik jadi Rp.350, dan terakhir kali waktu akhir kuliah sudah jadi Rp.500,-.Menunya pun sangat banyak, seperti gorengan yang wajib ada, cakar ayam, krupuk, sambel teri, oseng tempe, dan lain-lain. Bahkan sekarang ada tambahan menu seperti Tahu Bakso dan Camilan lain.
Nah cerita angkringan ini sangat populer di kalangan mahasiswa, sebab tempat yang enak buat nongkrong dengan biaya yang minim, cuma bawa uang Rp.2000 sudah bisa nongkrong sepuasnya, apalagi pas kiriman wesel belom dateng, sudah deh angkringan selalu penuh. Tapi beda dengan angkringan jaman sekarang, tidak lagi harus buka malam, siang pun asal memenuhi kriteria mahasiswa pasti juga diserbu.
Saya punya kenalan seorang pemilik Angkringan, dari tahun 1994 sampai sekarang, yang dulunya memang ulet berjuang untuk Angkringannya, dan setelah bertahun- tahun Istiqomah, kerja keras dan selalu ramah terhadap pelanggan, sekarang beliau sudah jadi Bos Angkringan miliknya sendiri. He2. Bahkan sudah memiliki sebuah mobil dan lebih dari 5 orang karyawannya.


Pernah suatu ketika saya ngobrol dengan beliau, sehari bisa masak nasi 20 kg bro. Luar biasa, dengan taksiran pengunjung menurut saya lebih dari 150 orang perhari. Dan salah satu ciri khasnya selalu menghitung dengan cepat seperti pelajaran mencongak jaman dulu, ini yang disenangi konsumen dan masuk dalam kriteria usaha menurut bapak Hermawan Kertajaya  (pakar Marketing Dunia), yakni PDB ( Positioning yang jelas, menengah ke bawah, Differensiasi= memiliki keunikan dan perbedaan dengan tempat lain, dan Branding= meski diambil bukan dari namanya, tempat ini lebih dikenal dengan sebutan Angkringan Tentrem Mas Doel).
Kalo pagi jam 08:00 menu belom siap, tapi sudah ada teh panas dan kopi, sudah ada pelanggan yang datang juga. Jadi saat semua menu siap sekitar jam 09:00 sudah pasti rame pelanggan pada berdatangan. Selain murah, disini juga ramah, dan yang pasti tempat luas dan nyaman buat nongkrong atau sekedar sarapan atau makan siang, sesuai dengan tema warungnya "Angkringan Tentrem".
Siapa yang ingin coba silahkan datang ke sana jam 8 sampai jam 4 sore aja, jam 5 boleh tapi kadang sudah habis.


itulah sekelumit tentang warung Angkringan Khas Jogja.
ini emailnya : angkringantentrem@yahoo.com
bisa add juga FB nya ya.


Kalo mau berkunjung dan mencoba bisa catat alamatnya : Jl Janti Gg.Sengon 9a
Yogyakarta, Indonesia




Detik-detik Terakhir Rasulullah SAW

Pagi itu, meskipun langit telah mulai menguning,burung-burung gurun enggan mengepakkan sayap. Pagi itu, Rasulullah dengan suara terbata memberikan petuah, “Wahai umatku, kita semua ada dalam kekuasaan Allah dan cinta kasih-Nya. Maka taati dan bertakwalah kepada-Nya. Kuwariskan dua hal pada kalian, sunnah dan Al Qur’an. Barang siapa mencintai sunnahku,bererti mencintai aku dan kelak orang-orang yang mencintaiku, akan bersama-sama masuk syurga bersama aku.”
Khutbah singkat itu diakhiri dengan pandangan mata Rasulullah yang teduh menatap sahabatnya satu persatu. Abu Bakar menatap mata itu dengan berkaca-kaca, Ummar dadanya naik turun menahan napas dan tangis nya. Uthman menghela napas panjang dan Ali menundukkan kepalanya dalam-dalam. Isyarat itu telah datang, saatnya sudah tiba. “Rasulullah akan meninggalkan kita semua,” desah hati semua sahabat kala itu. Manusia tercinta itu, hampir usai menunaikan tugasnya di dunia. Tanda-tanda itu semakin kuat, tatkala Ali dan Fadhal dengan sigap menangkap Rasulullah yang limbung saat turun dari mimbar. Saat itu, seluruh sahabat yang hadir di sana pasti akan menahan detik-detik berlalu, kalau bisa.
Matahari kian tinggi, tapi pintu Rasulullah masih tertutup. Sedang di dalamnya, Rasulullah sedang terbaring lemah dengan keningnya yang berkeringat dan membasahi pelepah kurma yang menjadi alas tidurnya. Tiba-tiba dari luar pintu terdengar seorang yang berseru mengucapkan salam. “Bolehkah saya masuk?” tanyanya. Tapi Fatimah tidak mengizinkannya masuk, “Maafkanlah, ayahku sedang demam,” kata Fatimah yang membalikkan badan dan menutup pintu. Kemudian ia kembali menemani ayahnya yang ternyata sudah membuka mata dan bertanya pada Fatimah, “Siapakah itu wahai anakku?” “Tak tahulah aku ayah, sepertinya ia baru sekali ini aku melihatnya,” tutur Fatimah lembut. Lalu, Rasulullah menatap putrinya itu dengan pandangan yang menggetarkan. Satu-satu bagian wajahnya seolah hendak di kenang. “Ketahuilah, dialah yang menghapuskan kenikmatan sementara, dialah yang memisahkan pertemuan di dunia. Dialah malakul maut,” kata Rasulullah,
Fatimah pun menahan ledakkan tangisnya. Malaikat maut datang menghampiri, tapi Rasulullah menanyakan kenapa Jibril tak ikut menyertai. Kemudian dipanggilah Jibril yang sebelumnya sudah bersiap diatas langit dunia menyambut roh kekasih Allah dan penghulu dunia ini. “Jibril, jelaskan apa hakku nanti dihadapan Allah?” ,Tanya Rasululllah dengan suara yang amat lemah. “Pintu-pintu langit telah terbuka, para malaikat telah menanti rohmu. Semua syurga terbuka lebar menanti kedatanganmu,”kata jibril. Tapi itu ternyata tak membuat Rasulullah lega, matanya masih penuh kecemasan.


“Engkau tidak senang mendengar kabar ini?”Tanya Jibril lagi.”Kabarkan kepadaku bagaimana nasib umatku kelak?”. “Jangan khuawatir, wahai Rasul Allah, aku pernah mendengar Allah berfirman kepadaku: ‘Kuharamkan syurga bagi siapa saja, kecuali umat Muhammad telah berada didalamnya,” kataJibril.


Detik-detik semakin dekat, saatnya Izrail melakukan tugas. Perlahan roh Rasulullah ditarik nampak seluruh tubuh Rasulullah bersimbah peluh, urat-urat lehernya menegang. “Jibril, betapa sakit sakaratul maut ini.” Lirih Rasulullah mengaduh. Fatimah terpejam, Ali yang di sampingnya menunduk semakin dalam dan Jibril membuang muka. “Jijikkah kau melihatku, hinggakaupalingkan wajahmu Jibril?” Tanya Rasulullah pada Malaikat penghantar wahyu itu. “Siapakah yang tega, melihat kekasih Allah direnggut ajal,” kata Jibril. Sebentar kemudian terdengar Rasulullah memekik, kerana sakit yang tak tertahankan lagi. “Ya Allah, dahsyat niat maut ini, timpakan saja semua siksa maut ini kepadaku, jangan pada umatku. “
Badan Rasulullah mulai dingin, kaki dan dadanya sudah tak bergeraklagi. Bibirnya bergetar seakan hendak membisikkan sesuatu, Ali segera mendekatkan telinganya. “Uushiikum bis shalati, wa maa malakat aimanuku, peliharalah solat dan santuni orang-orang lemah di antaramu” Di luar pintu tangis mulai terdengar bersahutan, sahabat saling berpelukan. Fatimah menutupkan tangan diwajahnya, dan Ali kembali mendekatkan telinganya ke bibir Rasulullah yang mulai kebiruan. “Ummatii, ummatii, ummatiii?” – “Umatku,umatku, umatku” Dan, pupuslah kembang hidup manusia mulia itu.
Kini, mampukah kita mencintanya seperti Rosulullah mencintai kita semua? Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa baarik wasalim ‘alaihi. wallohu’alam


Silahkan Download http://www.box.net/shared/xt5n49p3gj31lfcpudo4
Tausiyah Lengkap Detik-detik Terakhir Kehidupan Rosulullah SAW dan Wasiat Terakhir Beliau, yang disampaikan oleh Ustad Yusuf Mansur

Senin, 17 Januari 2011

Bagaimana Mewaralabakan Bisnis Anda?

(Bisnis makanan)


Setiap bisnis tidak luput dari yang namanya Marketing, ya ga? Nah macamnya pun banyak sekali yang menerapkan berbagai cara dalam menjual produk atau jasanya, tergantung pemiliknya. Contohnya : ada sebuah bisnis makanan yang sudah ramai dikunjungi orang, mereka memilih untuk tetap tinggal ditempat atau lokasinya, dengan pendapat ntar kalo buka disana ga ada yang ngurusin, blom siap, dan alasan lainnya. Tapi banyak juga pengusaha yang mengembangkan bisnisnya dengan membuka gerainya ditempat lain, dengan kata lain membuka cabang. Dalam 5 tahun terakhir ini ternyata bermunculan sistem bisnis dengan cara kemitraan, atau Business opportunity, atau ada yang menggunakan cara waralaba atau franchise. Nah kali ini kita ingin berbagi informasi seputar bisnis makanan.


Dalam 5 tahun terakhir ini saya yakin anda pasti tidak asing dengan bisnis camilan, oleh oleh, makanan kaki lima, makanan kelas resto dan sebagainya yang memang sudah marak dimana mana. Dan dari semua bisnis makanan tersebut, satu yang banyak ditawarkan di berbagai media adalah sistem kemitraan atau ada juga yang menyebutnya bisnis waralaba. Hebatnya lagi, banyak sekali pengusaha makanan yang memperluas jangkauan pemasarannya dengan cara tersebut. Tau kan bisnis Kebab Turki Babarafi, Suga Fried Chicken & Kebab, Bakmie – Mie Kita, King Fries, Buburqu, Burgerqu, Bakso Keju, Aladine Kebab, Anya Beef Kebab, Ayam Goreng Dobbi, Barley Bread, Coffee Toffee, Edam Burger, Klenger Burger, K-Patats, Tela-Tela, usaha tahu bakso, dan masih banyak lagi.


Dan beragam alasan muncul dari pengusaha-pengusaha makanan tersebut saat mereka memutuskan untuk menggunakan sistem franchise atau waralaba dengan tujuan terjadi hubungan bisnis yang saling menguntungkan antara beberapa pihak, sebut saja franchisor, master franchise, dan franchisee. Untuk kelangsungan bisnis dengan jangka panjang maka hubungan yang harus dijalin sebisa mungkin harus harmonis.


Banyak buku tentang "cara gampang memfranchisekan bisnis anda", atau cara mudah bikin waralaba" pernahkah anda membacanya? Tapi sebenarnya tidak semudah judulnya lho, karena untuk mewaralabakan usaha anda, kita perlu persiapan yang benar- benar matang, tidak hanya cukup matang. Jika perlu anda belajar dulu dari waralaba- waralaba yang sudah ada, dan berbagai sistem marketing, training centernya, dan yang paling penting tapi kadang dianggap sepele adalah tentang SOP nya.


Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan jika anda nantinya menjadi seorang pemberi waralaba agar dapat mendampingi dan membimbing para mitranya.    Perhatikan tentang pemilihan lokasi yang strategis, dan ajarkan cara negosiasi sewa tempat bagi calon franchisee. Setelah itu konsep yang matang tentang pengelolaan outlet yang bersih, sehat, dan higienis dengan didukung SDM atau tenaga kerja yang berkualitas termasuk pelayanan terhadap konsumen, bahan baku yang bagus untuk menjaga kualitas bisnis anda. Dan semuanya biasanya harus ada di Standar Operasional Prosedur atau biasanya disebut SOP.
   
Salah satu syarat untuk mewaralabakan bisnis anda,  sesuai dengan PP No 42 Tahun 2007, kriteria bisnis yang boleh diwaralabakan yaitu peluang bisnis yang memiliki ciri khas tertentu, terbukti telah memberikan keuntungan bagi pelaku usahanya dengan masa kurang lebih 3 tahun berjalan, memiliki standar mengenai pelayanan yang ditawarkan (SOP tertulis), bisnis tersebut mudah diajarkan dan diaplikasikan, adanya dukungan yang berkesinambungan, dan memiliki hak kekayaan intelektual yang sudah terdaftar atau pendaftaran merk anda.


Setelah syarat-syarat tersebut terpenuhi, dan sudah lengkap ijin dari Menteri Perdagangan, BPOM dan MUI maka bisnis anda siap beroperasi dengan sistem waralaba. Dan langkah terakhir, anda selalu promosikan bisnis anda ke semua relasi anda, dari twitter, facebook, dan jejaring sosial lainnya, website, dan brosur-brosur, dengan tidak lupa mencantumkan :


Data identitas franchisee, legalitas usaha, Sejarah singkat tentang bisnis anda, asumsi pendapatan, BEP, informasi tentang jumlah usaha atau gerai yang telah dibuka, alamat lokasi anda tentunya, penjelasan mengenai hak dan kewajiban franchisee maupun franchisor.


Dapat disimpulkan bahwa usaha dengan cara waralaba sangat menguntungkan, karena selain ada penghasilan tambahan, bisnis franchise tidak lepas dari royalty fee dan franchise fee. Mari sama- sama belajar, dan semoga bermanfaat untuk semua. Salam Super dan sukses selalu.

Sabtu, 16 Oktober 2010

Burjo Hotspot




Tidak asing bagi kita atau teman teman mahasiswa khususnya yang tinggal di Yogyakarta dengan kata warung burjo, tempat nongkrong mahasiswa yang bisa dibilang murah, cepat saji dan kenyang. dan bagi teman teman yang pernah kuliah di Jogja pasti ga lepas dari memori tentang tempat yang satu ini. Ya Burjo sudah menjadi bagian hidup mahasiswa karena kapanpun kita lapar Burjo sudah menanti dengan berbagai menu cepat sajinya seperti Indomie, gorengan, aneka minuman, dan sekarang sudah banyak warung Burjo yang menjual nasi telor, nasi Sarden, nasi Bandeng juga ada, ada juga camilan seperti tofubakuso ( tahu bakso ), dan snack singkong goreng seperti tela tela.


Nah ada daerah yang bisa dibilang 24 jam hidup yakni daerah babarsari seputaran kampus, karena memang disini banyak sekali kampus seperti UPN, ATMA JAYA, UNPROK, AKPARDA, API, STTNAS, STIE YKPN, STTN, dan kampus kampus kecil lainnya.
Seiring dengan banyaknya persaingan antara warung Burjo inipun, maka muncul pula strategi strategi baru dalam menjual dan melayani konsumen Burjo, antara lain maraknya warung Burjo Hotspot, ada yang free hotspot, ada juga yang berbayar dengan keunggulan masing masing.


Memang pertama kali Burjo ada berasal dari daerah Sunda, kemudian diikuti merek merek Burjo lokal seperti JOGJA GROUP, dan ada lagi yang mengedapankan konsep 24 jam menggabungkan beberap kebutuhan mahasiswa yang dianggap Urgent atau mendesak yaitu warung Emergency Outle and Cafe.
http://www.warungemergency.com

Daftar Blog Saya

compartidísimos

Pencarian

Memuat...

Entradas populares